Senin, 19 Mei 2014

4 Cara Membersihkan Telinga Dengan Baik

4 Cara Membersihkan Telinga Dengan Baik

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah kotor. Namun telinga juga merupakan bagian yang sangat sensitif sebab merupakan salah satu panca indera yaitu pendengaran. Membersihkan telinga memang gampang-gampang susah, sebab jika salah membersihkan saja akibatnya bisa sangat fatal.

Oleh karena itu membersihkan telinga juga perlu tekhnik dan cara tertentu, utamanya mengenai alat bantu yang akan digunakan. Sebab membersihkan telinga dengan cara yang benar dapat membantu anda merawat kebersihan serta kesehata telinga anda.

  1. Air 
Membersihkan telinga dengan menggunakan air adalah cara Teramat Sangat baik dan sehat untuk menghilangkan kotoran dalam telinga caranya sebelum anda mandi pastikan anda sudah menyiapkan air yang bersih campurkan dengan sedikit baby oil lalu usapkan pada telinga secara perlahan lahan dengan menggunakan kain tipis tapi perlu anda ingat jangan sampai air masuk kedalam lubang telinga yang paling dalam (air masuk dan tinggal mengendap pada gendang-gendang telinga).

 2. Kain Basah
Menggunakan sepotong kain basah dapat membantu menghilangkan kotoran telinga bagian luar, menurut dokter Ahli THT (Telinga Hidung dan tenggorokan) tidak higienis menghilangkan kotoran dalam lubang telinga, karena kotoran telinga yang yang berwarna coklat ke hitam-hitaman juga dapat berfungsi untuk menghambat masuknya serangga serangga kecil kedalam lubang telinga, jadi cukup denga cara mengunakan kain bersih yang sudah di basahi lalu di usapakan pada telinga yang bagian luar secara perlahan-lahan.

 3. Baby oil 
Gunakan baby oil dengan cara penerapannya dengan meneteskan 2 sampai 3 tetes kedalam telinga, lakukan hal ini sebelum anda tidur malam, jadi keesokan harinya di saat kita terbangun dari tempat tidur segeralah bersihkan telinga anda dengan menggunakan handuk tipis atau alat pembersih telinga.

 4. Cutton Bud 
Ini adalah salah satu alat pembersih telinga yang paling umum digunakan untuk membersihkan telinga namun berhati-hatilah disaat Cutton Bud sementara bergulir kedalam telinga karena kadang kita merasa tidak sadar ketika sedang membersihkan telinga dengan memakai Cutton Bud kadang menimbulkan rasa geli jadi biasa muncul kecerobohan kecil yang dapat berakibat fatal dan bisa menyakiti gendang telinga anda. Alangkah baiknya jika anda menghindari memasukkan Cutton Bud terlu dalam, jadi cukup bagian luarnya saya anda bersihkan.

 Nah!!! Itulah cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan telinga agar kebersihan serta kesehatannya dapat terjaga.

2 komentar: